Ini Dia 3 Alasan Mengapa Kuota Internet Cepat Habis

Internet sudah menjadi bagian hidup manusia zaman serba canggih seperti sekarang. Membaca berita, mengirim pesan, chatting, menonton video, mendengarkan musik, mendownload file, hingga main game online.

Tapi, tak terasa kuota habis.

Jika itu terjadi, tentu semua kesenangan di atas tidak dapat dinikmati. Smartphone pun bisa-bisa akan menganggur tanpa koneksi internet. Beberapa provider internet menawarkan paket internet unlimited.

Apa iya?

Seunlimited-unlimited nya paket, pasti ada keterbatasan juga. Saat batas paket unlimited tercapai, maka sambungan internet pun jadi lemot.

Pemakaian data dipengaruhi gaya hidup pemilik smartphone. Jadi, supaya kuota tidak cepat habis, harus ada perencanaan bijak dalam pengguaannya.

Hati-hati! streaming video dan musik bikin boros kuota internet
Saat ini, banyak sekali situs penyedia layanan streaming video dan musik online. Guvera dan Rdio merupakan dua di antara situs-situs penyedia streaming musik. Mendengarkan lagu dari artis-artis favorit menjadi lebih mudah asalkan tersambung dengan internet. Enaknya, tidak perlu menyimpan file musiknya di dalam MicroSD atau flashdisk. Nggak enaknya, pasti boros penggunaan data.

Coba bayangkan, hanya untuk mendengarkan musik 320 Kbps saja menghabiskan data 2,4 Mb per menit. Kuota 115 MB habis untuk mendengarkan musik secara online hanya dalam satu jam saja.

Begitu juga dengan streaming video. Malah lebih boros lagi. Memang, hiburan itu penting untuk menghilangkan kepenatan atau bersenang-senang. Tapi ingat, nonton video online dapat menghabiskan 50 MB per menitnya. Bisa dibayangkan bukan jika durasi video yang ditonton, misalnya 5 menit saja, 250 MB ludes.

Jika video berpotensi diputar berulang-ulang, sebaiknya file video disimpan di memori MicroSD smartphone saja.

Kecanduan main game online real action makan banyak kuota
Game-game seperti Blackout dan Asphalt 8 diperkirakan memerlukan data sebanyak 1 MB/menit. Semakin panjang durasi game yang dimainkan, semakin meningkat pula penggunaan data.

Jika suka main game tapi tidak mau boros ya, sebaiknya pilih game-game yang hanya menghabiskan data beberapa Kb saja per menitnya. Misalnya, game Two Dots atau Words with Friend.

Ngobrol online via video juga boros bandwidth
Ngobrol via video secara online bersama teman atau keluarga memang mengasyikkan. Pada umumnya, chatting melalui video menghabiskan data 3 Mb per menit. Tapi, besar atau tidaknya data yang dihabiskan tergantung pada resolusi video dan lama bicaranya.

Sebaiknya, batasi waktu saat ngobrol melalui video online. Kurangi lama sesi chatting untuk menghemat kuota.

Sumber : Cnet

0 Response to "Ini Dia 3 Alasan Mengapa Kuota Internet Cepat Habis"

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.