Nikmatnya Menggunakan Sistem Operasi Imut Slacko Puppy

Beberapa waktu lalu, saya mencoba sistem operasi Linux untuk pertama kalinya. Ini adalah pengalaman yang sangat menarik. Akhirnya, rasa penasaran itu berakhir dengan bahagia. Setelah mencoba versi Tahr 6.0, saya menginstal versi Puppy Linux yang lainnya yaitu Slacko Puppy. File Slacko lebih kecil daripada Tahr 6.0 sehingga waktu mengunduh pun lebih cepat. Ketika sudah diinstal pun, tidak ada masalah berarti.

Kemudian file .iso Slacko diburning dan dinstall di USB. tampilan awal Slacko Puppy seperti di bawah ini :
slacko puppy linux
Tampilan awal Slacko Puppy
Backgound desktop berwarna hitam dengan gambar bumi dan bulan. Namun, gambar bisa diganti dengan pilihan yang sudah disediakan Slacko Puppy.

Fitur yang tidak kalah menariknya bagi sistem operasi kecil ini adalah Abiword. Ini merupakan aplikasi untuk tulis menulis, layaknya Ms.Word di Windows. Walaupun tidak selengkap Ms.Word, Abiword masih oke untuk kegiatan menulis kok.
abiword puppy linux
Mari menulis dengan Abiword
Jika ingin merasakan Ms.Excel versi "sederhana", maka bisa menggunakan Gnumeric. Sarkliwon memang jarang menggunakan aplikasi yang satu ini. Tapi, untuk sistem operasi sekecil Puppy Linux, Gnumeric layak diacungi jempol.
gnumeric puppy linux
Buat tabel yuk!
Ketika ingin mengedit gambar atau foto, Puppy Linux juga menyediakan aplikasi bernama MtPaint. Banyak praktisi Linux menyamakannya dengan Ms,Paint. Tapi, menurut Sarkliwon MtPaint lebih lengkap fiturnya jika dibandingkan dengan Ms.Paint.
mtpaint puppy linux
Edit foto yuk!
Puppy Linux memanjakan penggunanya dengan aplikasi untuk menggambar vektor bernama Inklite. Ini adalah versi sederhana dari Inkscape atau Corel Draw. Saat mencoba, Sarkliwon mengalami kebingungan. Maklum belum memiliki dasar desain grafis yang memadai. Tapi, aplikasi ini akan sangat berguna nantinya.
inkscape lite puppy linux
Belajar menggambar dengan Inkscapelite
Ngomong-ngomong, Sarkliwon mengakses internet dan blogging melalui Firefox yang sudah satu paket saat instal Puppy Linux lho. Jadi, tidak perlu repot-repot download ke situsnya Mozilla.

Demikianlah, pengalaman saya menggunakan sistem operasi Slacko Puppy Linux. Sampai saat ini, saya masih ketagihan memakainya. Bahkan Windows 7 sudah jarang dipakai hehehe. Namun, masih terinstal di netbook jadul Sarkliwon. Hanya, Puppy Linux tetap menjadi pilihan karena sistem operasi ini sangat ringan dan cepat.