Ingin Berjualan Online Lagi....

Jika mengingat sekitar empat tahun lalu, saya jadi ingin menjalankan bisnis jualan online lagi. Waktu itu lagi booming bisnis MLM online dengan produk pasutri. Saya coba ikut dengan membayar sejumlah uang untuk bergabung. Dulu mungkin hampir Rp.700.000 untuk pendaftaran ditambah paket produk.

Berbekal pelajaran dari upline, saya pun memberanikan diri membeli sebuah domain dan menyewa hosting selama satu tahun. Kemudian membuat sebuah blog khusus yang berisi artikel berkaitan dengan produk.

Upline dengan support system nya, memberikan website replika lengkap dengan nama plus nomor handphone saya. Blog pun saya isi dengan berbagai macam artikel. Saya menyasar soft marketing. Tidak langsung menampilkan gambar produk. Tapi memberikan artikel yang meng-edukasi pembaca.

Di akhir tulisan, dicantumkan kalimat agar pembaca berkunjung ke web replika. Butuh sekitar delapan bulan untuk mendapatkan pesanan pertama.

Iya, betul ini..

Dalam waktu delapan bulan tersebut, blog berangsur-angsur meningkat pengunjungnya. Bahkan hampir mencapai seribu pengunjung setiap hari.

Akhirnya,

Pemesanan pertama lima buah produk. Kalau dihitung, saat itu "seharusnya" dapat untung Rp.150.000. Tapi, saya lupa bahwa saya menjual dengan harga distributor, bukan harga konsumen. Jadi, penjualan pertama tidak dapat untung karena kecerobohan sendiri.

Namun, tidak apa-apa..

Hari-hari berikutnya, ada lagi pesanan

Terus...hingga enam bulan berjalan, saya hampir selalu mendapatkan uang paling banyak Rp.500.000 per bulan dari jualan online bermodalkan satu blog.

Sampai, ada saat di mana blog saya mengalami penurunan pengunjung. Itulah kesalahan saya dulu. Begitu dapat pengunjung banyak, saya malas untuk merawat blog.

Mungkin karena ada algoritma Google pada saat itu, Panda yang membuat banyak blog turun pangkat. Itu bagi saya tidak mengapa. Yang bikin jengkel adalah ulah "hacker". Blog saya di-deface.

Kaget begitu melihat Google Analytic, pengunjung per harinya "0". Saya buka blog, ternyata blog kena deface.

Saya tidak mampu berbuat apa-apa karena pengetahuan saya yang minim tentang pemrograman web serta bagaimana cara agar blog aman dari serangan hacker.

Blog pun saya diamkan sampai sewa pun tidak dilanjutkan. Mulai 2013, saya praktis berhenti dulu berbisnis online.

Kini, pikiran untuk berjualan online muncul lagi. Ide ini timbul setelah membaca sebuah blog yang benar-benar memberikan inspirasi dan semangat bagi saya.

Berbagai penelitian mengenai kata kunci masih saya lakukan hingga saat ini. Harapannya, bisa mengarungi dunia bisnis online, terutama toko online berbasis dropshipping.

0 Response to "Ingin Berjualan Online Lagi...."

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.