Pengalaman Menggunakan Puppy Linux Versi MacPup 550, OK Tapi....

Berbagai versi Puppy Linux sudah saya coba. Dari Puppy Tahr, Precise, Slacko, Lucid, hingga LxPup. Satu yang belum dicoba, MacPup. Ini adalah versi Puppy rasa Macintosh. Jujur saya belum pernah menggunakan laptop Apple Mac. Jadi tidak bisa membayangkan bagaimana Mac yang asli.

Dari tampilan pertama kali setelah booting, panel berada di tengah. Berbeda dari versi Puppy yang lainnya yang mirip dengan panel milik Windows. Justru ini yang membuat bingung. Untuk yang pertama kali menemui tampilan desktop seperti ini, ada sedikit kesulitan.

Tapi, dengan sedikit otak-atik, akhirnya bisa juga. Oh ya, MacPup ini berbasis Lucid Puppy. Jadi, aplikasi bawaan sama dengan milik Lucid. Hanya, ada yang berbeda yaitu browser. Kalau Lucid belum menyertakan aplikasi browser pada saat instalasi sehingga harus mendownloadnya. Sedangkan MacPup sudah menyediakan Firefox sebagai browser bawaannya. Mantab!

Tampilan awal kurang sreg bagi saya dan diganti dengan wallpaper yang lebih menarik. Hanya ada empat pilihan wallpaper, tapi tidak ada salahnya untuk memilih salah satu. Dan hasilnya, OK.
desktop Puppy MacPup
Inilah tampilan desktop MacPup setelah ganti wallpaper
Tidak seperti versi Puppy yang lain, di MacPup kok tidak menemukan NTFS di File Manager. Jadi, tidak dapat membuka file-file yang disimpan di Windows.

Secara keseluruhan saya cukup tertarik dengan MacPup. Walaupun, sampai saat ini, LxPup masih menjadi versi Puppy yang paling sering saya gunakan. MacPup bisa diinstall di komputer jadul dan netbook atau laptop dengan spesifikasi rendah. Dengan mengedepankan tampilan desktop yang menawan dan ringan, membuat MacPup pantas digunakan untuk menghidupkan komputer lama tanpa.

0 Response to "Pengalaman Menggunakan Puppy Linux Versi MacPup 550, OK Tapi...."

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.