Bukan Hanya Perokok Aktif, Yang Pasif Pun Bisa Kena Dampak Negatif Asap Rokok

30 menit saja menghirup asap rokok, bahaya mengintai.

Menarik untuk dibahas kali ini, tentang efek negatif merokok bagi yang bukan perokok atau biasa disebut perokok pasif. Saya pernah mengalami jadi perokok aktif (sekarang berhenti). Dulu tidak mau peduli siapa yang di sekeliling saat menghisap tembakau. Tidak peduli akan dampak buruknya kepada orang lain.

Sekarang, ketika berhenti, saya tahu betapa terganggunya ketika berdekatan dengan perokok. Asapnya sangat menganggu. Bahkan harus menjauh atau menutup hidung agar tidak menghirup asap rokok yang berterbangan.

Sesuai dengan kalimat pembuka tulisan ini, paparan asap rokok selama 30 menit bisa mempengaruhi kesehatan, salah satunya gangguan pernapasan. Itu karena adanya ribuan zat-zat kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya, terutama zat nikotin.
bahaya asap rokok bagi perokok pasif
Iklan Layanan Masyarakat tentang bahaya asap rokok bagi perokok pasif by Pusat Promosi Kesehatan, Departemen Kesehatan
Nikotin yang masuk ke dalam tubuh akan menempel di organ paru-paru. Dalam jangka waktu lama, nikotin yang terkumpul bisa merusak sel-sel di paru-paru. Bukan hanya paru-paru saja, tapi organ tubuh yang lain pun terkena dampaknya.

Paru-paru berfungsi untuk meghisap zat oksigen. bagaimana jadinya kalau organ pernapasan kita diselimuti oleh nikotin. Tentu saja peredaran oksigen jadi tidak baik. Padahal, oksigen sangat dibutuhkan bagi kerja organ tubuh, terutama otak dan jantung.

Tidak hanya menganggu sirkulasi oksigen. Zat-zat beracun dalam asap rokok yang mengendap dalam tubuh dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya dan mematikan. Misalnya, penyakit jantung, stroke, dan berbagai macam penyakit kanker.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti berapa jumlah perokok pasif yang mengidap penyakit akibat paparan rokok. Di negara lain, contoh Inggris, 12.000 perokok pasif meninggal dunia setiap tahun. Kematian perokok pasif disebabkan oleh berbagai penyakit antara lain penyakit paru-paru kronis, stroke, kanker paru, dan penyakit jantung.

Jauhi rokok, karena merokok membunuhmu dan orang-orang di sekitarmu!

Sumber : Promkes Depkes, Kompas

0 Response to "Bukan Hanya Perokok Aktif, Yang Pasif Pun Bisa Kena Dampak Negatif Asap Rokok"

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.