Pengalaman Mencoba Versi Live Linux Xubuntu 14.04 LTS, Agak Berat Tapi OK

Lubuntu sudah sering dipakai sehari-hari. Puppy Linux, meski sudah jarang, masih juga menjadi pilihan untuk internetan. Yang masih penasaran adalah, Xubuntu.

Siang tadi, saya mendownload file .iso Xubuntu 14.04 LTS. File nya besar banget. Hampir 1 GB. Dipikir-pikir, kalau download di rumah atau warnet, boros duit dan kuota. Jadi, saya putuskan ke media centre di Monumen Pers Solo.

Di sana, bisa internetan gratis, ada fasilitas Wifi nya juga. Habis Jum'atan, langsung cabut ke Museum Monumen Pers Nasional. Pas sampai, masih ada komputer yang nganggur.

Komputer cuma ada empat unit yang bisa dipakai internetan. Jadi, kalau lagi ada banyak pengunjung, harus rela menunggu. Hari ini kebetulan pas belum banyak pengunjung.

Langsung cari file torrent Xubuntu. Lalu download via Transmission (Bittorent nya Linux). Lama banget downloadnya, satu setengah jam lebih. Tapi terbayar juga jerih payah saya hari ini.

Akhirnya, dapat satu lagi distro Linux turunan Ubuntu.

Sore harinya, tiba di rumah, langsung menyalakan netbook, install Unetbootin. Kemudian bakar file .iso Xubuntu nya. Butuh waktu sekitar 25 an menit. Setelah selesai, netbook di-reboot.

Saya pilih "trying without installing" dulu untuk mencoba Xubuntu. Lumayan lama juga bootingnya. Mungkin karena ini Live CD kali ya? CMIIW. Kalau dibandingkan dengan Lubuntu, jelas lebih ringan Lubuntu. Tapi, wajarlah. Lubuntu menggunakan LXDE sedangkan Xubuntu XFCE.

Setelah agak lama booting selesai, barulah tampilan awal Xubuntu muncul. Hmmm..tampak lebih bagus daripada Lubuntu.
linux Xubuntu
Inilah tampilan desktop Linux Lubuntu 14.04 LTS
Aplikasi bawaan Xubuntu hampir sama dengan Lubuntu. Untuk office ada Abiword dan Gnumeric. Hanya, untuk aplikasi pengolah grafis Xubuntu lebih keren, GIMP.
abiword dan gnumeric di xubuntu
Aplikasi Office yang tersedia saat Xubuntu sudah diinstall
aplikasi edit foto di xubuntu
GIMP aplikasi untuk edit gambar/foto di Xubuntu
Koneksi internet sama saja dengan Lubuntu, mudah. Tapi, ada sedikit masalah ketika saya ingin memutus sambungan internet, tidak ada pilihan "Disconnect". Karena belum juga ketemu solusinya, langsung saya cabut saja modemnya. Browser Firefox sudah satu paket saat installasi Xubuntu.

Sementara itu dulu sedikit share mengenai Xubuntu 14.04 LTS.

0 Response to "Pengalaman Mencoba Versi Live Linux Xubuntu 14.04 LTS, Agak Berat Tapi OK"

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.