Sebuah Website / Blog Harus Memperhatikan Kenyamanan Membaca Para Pengunjung

Jengkel, ya, jengkel...

Saat tertarik pada suatu informasi melalui internet, mencari di mesin pencari. Begitu ketemu yang judulnya kelihatan menarik langsung klik.

Betapa jengkelnya ketika..

Ingin membaca sebuah informasi berupa tips, tapi tidak satu halaman penuh. Maksud saya, artikel yang seharusnya bisa satu halaman, dijadikan beberapa halaman. Tangan harus klak klik klak klik mouse melulu.
pengunjung butuh kenyamanan membaca
Inilah contoh yang bikin jengkel saat membaca informasi di sebuah website.
Iya..untung bagi si pemilik website..dapat pageviews banyak..

Tapi, bagi banyak pencari informasi di internet, sebagai pengunjung sekaligus pembaca tentu ini tidak menyenangkan. Masak, tips yang hanya sedikit, mungkin tidak sampai 300 kata saja dibagi menjadi lima hingga tujuh halaman.

Bukankah seharusnya dijadikan satu halaman saja biar praktis, tinggal scroll mouse. Hla ini, pembaca harus klik untuk membaca tips berikutnya dan berikutnya.

Boros kuota jadinya bukan?

Ini yang tidak dipikirkan oleh sebagian pemilik website atau blog, bahkan yang sudah terkenal sekalipun. Kenyamanan untuk pembaca sangatlah penting. Bayangkan, ketika membaca sepuluh tips harus meloncat dari satu tip ke tip lainnya dengan mengklik mouse.

Ya, kalau koneksi internet bagus. Kalau tidak? Bagi penguna internet yang berada di daerah perkotaan yang sebagian besar mendapatkan sinyal internet yang bagus sih ok ok saja. Tapi, bagaimana dengan para pengguna di daerah yang memiliki sambungan internet tidak begitu baik, tentu ini kabar buruk.

Mana, banyak sekali pop up berterbangan di halaman web saat pertama dibuka. Bikin berat loading website. Ini sungguh menyebalkan.

Konten yang disajikan, dalam hal ini artikel memang bagus dan menarik untuk dibaca.

Tapi, sebaiknya jangan artikel saja yang dibuat bagus. Kenyamanan pembaca itu yang paling penting. Pembaca butuh informasi. Bukan untuk klak klik mouse dan menghabiskan kuota internet.

Itu saja uneg-uneg hari ini.

0 Response to "Sebuah Website / Blog Harus Memperhatikan Kenyamanan Membaca Para Pengunjung"

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.