Ini Dia Faktor-Faktor Penyebab Penyakit Jantung Yang Perlu Anda Ketahui

Apa yang menyebabkan penyakit jantung? Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memerlukan perhatian terutama pada usia-usia dewasa. Namun, tidak sedikit pula penyakit jantung terjadi pada orang usia muda. Makan yang tepat, olahraga, dan menghindari kelebihan berat badan saat masih kecil berdampak pada kesehatan tubuh saat menginjak dewasa.

Sayangnya, sebagian besar orang cenderung memperhatikan kondisi kesehatan tubuh mereka pada saat usia sudah paruh baya atau lebih. Dan yang menakutkan, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia yang tidak memandang usia. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab penyakit jantung. Hal ini bermanfaat dalam mendapatkan pengobatan yang tepat bahkan mencegah penyakit jantung itu sendiri.

Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab penyakit jantung :

Pertama, kolesterol tinggi. Ini adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung. Kolesterol yang terakumulasi dalam darah, mengalir bersama darah melalui arteri. Jika kolesterol jahat yang tinggi menempel pada arteri, maka dapat menyempitkan pembuluh darah arteri. Jika ini terjadi, maka akan menyebabkan aliran darah terganggu. Akibatnya asupan oksigen dan nutrisi ke jantung dan bagian tubuh lain berkurang.

penyebab sakit jantung
waspada serangan jantung!
Serangan jantung terjadi akibat arteri tersumbat karena tumpukan kolesterol jahat. Jika arteri tidak sehat, maka bisa juga menyebabkan berbagai penyakit seperti stroke, pembekuan darah, dan demensia.

Kedua, kelebihan berat badan atau obesitas. Penyebab utama penyakit jantung berikutnya adalah obesitas. Pada orang yang mengalami masalah kelebihan berat badan, kolesterol dan tekanan darah cenderung meningkat sehingga risiko terkena penyakit jantung pun lebih besar.

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami obesitas atau tidak, bisa diketahui dengan mengukur indeks massa tubuh (BMI). Seseorang mengalami kelebihan berat badan apabila BMI nya 25 dan obesitas jika BMI nya 30.

Obesitas merupakan masalah serius bukan hanya untuk orang tua saja tapi juga orang dewasa, remaja, dan anak-anak. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh sejak usia masih muda dapat mempengaruhi kesehatan jantung di masa mendatang.

Ketiga, merokok. Merokok merupakan Salah satu penyebab utama masalah jantung. Merokok secara signifikan meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah perifer yaitu penyakit pembuluh darah. Banyak kematian yang diyakini disebabkan oleh merokok.

Keempat, faktor keturunan. Keturunan juga termasuk salah satu faktor risiko penyakit jantung. Orang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung cenderung memiliki risiko terkena penyakit jantung juga.

Selain keempat faktor di atas, masalah jantung juga dapat ditimbulkan oleh cacat jantung, diabetes, stress, dan penyalahgunaan obat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksakan darah setidaknya setahun sekali untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda penyakit jantung atau tidak.

Itulah faktor-faktor penyebab penyakit jantung yang dapat Sarkliwon bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.