10 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Apakah Anda penggemar buah apel? Buah ini memiliki bentuk yang khas dengan warna kulit merah ada juga yang hijau. Buah apel selain dimakan dalam bentuk buah segar juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai makanan dan minuman seperti jus apel, cuka apel, manisan apel, serta pie apel. Namun, tahukah Anda bahwa buah apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa saja kandungan yang terdapat pada buah apel :

  • Flavonol: (Quercetin, kaempferol dan myricetin)
  • Katekin: (terutama epicatechin)
  • Anthocyanin
  • Asam chlorogenic
  • Phloridizin
  • procyanidins
  • polifenol
  • Serat: Serat larut pektin
  • Vitamin C.

Berikut ini adalah sepuluh manfaat buah apel untuk kesehatan :

Pertama, mencegah kanker. Buah apel mengandung zat flavonoid dalam jumlah yang tinggi antara lain quercetin dan navinin. Mengonsumsi buah apel secara rutin dapat menurunkan risiko terkena kanker paru. Selain itu, pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak makan apel, risiko terkena kanker payudara pun lebih rendah.

Kandungan pektin pada buah apel juga dapat menjaga kesehatan pencernaan sehingga dapat membantu mencegah kanker usus. Hasil penelitian lain menunjukkaan bahwa mengonsumsi buah apel mampu mengurangi risiko kanker liver.
manfaat buah apel untuk kesehatan
apel sangat bermanfaat bagi kesehatan

Kedua, menurunkan kolesterol. Kandungan pektin pada kulit apel diyakini dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Pektin bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat arteri. Anda bisa mengonsumsi satu buah apel setiap hari untuk mengurangi risiko kolesterol tinggi.

Ketiga, memelihara tulang. Sebuah penelitian di Prancis menunjukkan bahwa zat flavonoid bernama phloridzin pada buah apel dapat membantu melindungi wanita dari osteoporosis. Buah apel juga bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan dan memperkuat tulang.

Keempat, mengurangi risiko asma. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi buah apel memiliki risiko asma lebih rendah dibandingkan mereka yang sedikit atau tidak pernah makan sama sekali.

Kelima, menurunkan berat badan. Anda mungkin sudah mengetahui bahkan mencoba berbagai macam diet untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi buah apel saat program diet dapat membantu menurunkan berat badan lebih banyak daripada diet tanpa buah.

Keenam, membantu pengobatan Alzheimer. Kandungan quercetin pada apel dapat membantu melindungi sel-sel otak dari radikal bebas. Kadar neurotransmitter asetilkolin yang tinggi membantu perjuangan pasien melawan penyakit Alzheimer.

Ketujuh, mengendalikan kadar gula darah. Quercetin dan flavonoid lain pada buah apel mampu memperlambat pencernaan karbohidrat. Sementara itu, zat polifenol pada apel dapat menurunkan tingkat penyerapan glukosa pada saluran pencernaan manusia. Selain itu, polifenol juga bermanfaat merangsang pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin dan membantu untuk mengaktifkan reseptor insulin sel otot, sehingga mampu memfasilitasi lewatnya gula dari aliran darah ke dalam sel-sel tubuh manusia. Hasilnya, kadar gula dalam tubuh dapat dikendalikan dengan lebih baik.

Kedelapan, mengobati anemia. Kandungan zat besi pada buah apel membantu meningkatkan kadar hemoglobin yang melawan efek anemia.

Kesembilan, menjaga kesehatan kulit. Buah apel mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit antara lain vitamin A yang sangat baik untuk pertumbuhan kulit dan mengurangi risiko kanker kulit. Vitamin C yang terkandung pada buah apel membantu kulit memproduksi kolagen yang merupakan bagian penting dari kulit. Kandungan tembaga membantu memproduksi melanin yang bermanfaat melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet matahari.

Kesepuluh, menjaga kesehatan mata. Buah apel mengandung vitamin A dan C dalam jumlah besar bermanfaat membantu mengobati buta malam. Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang memiliki diet kaya buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel, kemungkinan terkena katarak hanya 10 sampai 15 persen.

Demikianlah sepuluh manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh Anda yang dapat Sarkliwon bagikan kali ini. Anda bisa mulai dari sekarang memasukkan buah apel ke dalam program diet Anda setiap hari. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh Anda"

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.