Mengenal dan Belajar Formula Serta Fungsi di Gnumeric

Pernah dengar Gnumeric? Hayooo yang tahu acungkan tangan. Saya yakin, banyak di antara kawan-kawan yang asing dengan Gnumeric. Bahkan bertanya-tanya apa itu Gnumeric.

Saya jelaskan singkatnya saja, Gnumeric itu aplikasi office spreadsheet. Bisa dibilang Gnumeric merupakan serupa aplikasi "Excel" tapi gratis. Bagi pengguna Windows, tentu saja tidak mengenalnya karena sudah terbiasa dengan Microsoft Excel.

Tapi, untuk pengguna Linux, tentu sangat mengenal Gnumeric. Terus terang, saya hampir tidak pernah memakai Microsoft Excel. Namun, kali ini, saya ingin membuktikan apakah fungsi dan formula di Gnumeric sama dengan Excel.

Sebagai pembandingnya, saya "menyontek" contoh penerapan formula dan fungsi excel dari situs kampusexcel.com.

Saya membuatnya mirip dengan yang ada di situs tutorial Excel tersebut. Hanya angka-angkanya saja yang diubah.

Pada cell B1 hingga G7 dimasukkan angka-angka yang akan diberikan formula, yang kemudian hasilnya diletakkan di cell A4-A7.

Di situs kampusexcel, dijelaskan bahwa setiap formula harus diawali dengan tanda "sama dengan" (=). Kalau tidak pakai "=" maka formula tidak bisa jalan. Saya pun menerapkan empat formula sederhana di Gnumeric yaitu tambah, kurang, kali, dan bagi. Sama seperti di excel, pada Gnumeric simbol untuk tambah "+", kurang "-", kali "*", dan bagi "/".

Ok, sekarang letakkan kursor di cell B4. Kemudian masukkan formula tambah yaitu =B1+B2, kurang =B1-B2, kali =B1*B2, bagi =B1/B2. Hasilnya...
Tapi tunggu...

Cell C1 sampai G2 belum ada hasilnya. Kalau memakai formula satu per satu pasti akan memakan waktu. Ada cara singkatnya yaitu dengan "Copy Formula". Letakkan kursor di cell B4 kemudian "klik kanan" pilih "Copy" atau "Salin". Setelah itu, buat "Range" dari C4 hingga G4 lalu klik kanan lagi, pilih "Paste" atau "Tempel".

Dan seterusnya, dari kurang sampai bagi, juga menerapkan cara Copy Formula. Hasilnya...

Jadi, Gnumeric pun bisa menjalankan formula Microsoft Excel dengan cara yang sama.

Saya rasa itu dulu pengalaman saya menggunakan Gnumeric. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif pengganti Excel yang tidak tersedia di Linux.

0 Response to "Mengenal dan Belajar Formula Serta Fungsi di Gnumeric"

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.