Mari Mengenal Apa Itu Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional merupakan salah satu jenis penyakit diabetes yang hanya terjadi pada wanita hamil. Biasanya terjadi setelah tiga bulan pertama kehamilan. Efek dari diabetes gestasional yaitu membuat bayi menjadi lebih besar dan wanita mengalami kesulitan ketika melahirkan. Penyakit ini menyerang sekitar 4% dari semua wanita hamil.

Selama kehamilan, kadar beberapa hormon dalam tubuh wanita meningkat. Peningkatan ini terjadi karena ibu dan bayi dalam kandungan membutuhkan asupan energi. Selain itu, juga untuk mengatur kehamilan. 

Hormon kortisol merupakan salah satu hormon yang berfungsi sangat penting untuk mematangkan paru, hati, dan jaringan tubuh bayi. Kadar hormon kortisol yang naik akhirnya merangsang organ hati ibu hamil untuk menghasilkan lebih banyak glukosa. Sementara itu, hormon laktogen merangsang pankreas untuk meningkatkan produksi insulin. Fungsi kedua hormon yang baik dapat memastikan bahwa bayi dan ibu memperoleh asupan cukup energi pada masa kehamilan. Dan hormon estrogen berfungsi mengatur semua proses kedua hormon tersebut.
gestasional diabetes pada ibu hamil
Diabetes gestasional pada ibu hamil via www.pixabay.com
Apabila proses tidak seimbang, maka kadar insulin akan menurun sehingga tubuh tidak mampu mengendalikan kadar gula darah. Hal ini akan menyebabkan diabetes gestasional, hiperglikemia, dan resistensi insulin.

Faktor risiko
  • Mengalami kegemukan saat hamil
  • Memiliki penyakit tekanan darah tinggi
  • Pernah mengalami diabetes gestasional sebelumnya
  • Faktor riwayat keluarga atau keturunan
  • Usia, biasanya dialami wanita berusia di atas 30 tahun
  • Pernah melahirkan bayi dengan berat 9 pon
Jika ridak ditangani dengan baik, maka akan menimbulkan masalah pada kondisi kesehatan bayi, termasuk lahir dalam keadaan cacat. Selain itu, bayi bisa mengalami "makrosomia' (pertumbuhan terlalu besar) dan kemungkinan mengalami cedera saat persalinan. Bayi juga akan mengalami penurunan kadar gula darah ketika lahir, terkena penyakit kuning, dan masalah pernapasan. Anak-anak akan cenderung mengalami diabetes tipe 2 dan kelebihan berat badan di kemudian hari. Seorang wanita yang mengalami diabetes gestasional kemungkinan memiliki penyakit yang sama pada kehamilan berikutnya dan berisiko besar terkena diabetes tipe 2. (Simak juga : Mari Mengenal Jenis dan Penyebab Penyakit Diabetes )

Penanganan diabetes gestasional
Untuk menangani penyakit diabetes gestasional, maka diperlukan usaha seperti olahraga teratur dan diet yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah pada ibu hamil. Saran yang terbaik tetap berkonsultasi ke dokter ahli supaya mendapatkan informasi lebih lengkap dan penanganan yang tepat.

Sumber : Dari berbagai sumber