Inilah 6 Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting. Tanpa mata, manusia tidak akan dapat menikmati keindahan dunia. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata menjadi suatu keharusan. Seperti halnya bagian tubuh lain, mata membutuhkan nutrisi agar fungsi mata tetap baik.

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan tepat akan membantu mencegah terjadinya masalah pada indera penglihatan di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata.
mata sehat
Yuk jaga kesehatan mata dengan makanan bergizi via www.pixabay.com
Wortel
Anda pasti sering mendengar tentang manfaat sayur wortel untuk menjaga kesehatan mata. Dan itu memang benar. wortel mengandung kaya vitamin A. Asupan wortel yang cukup dapat membantu mencegah masalah pada mata misalnya rabun senja dan glaukoma. Selain itu, beta karoten juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan retina dan mencegah degenerasi makula. (Baca juga : Ini Dia 4 Manfaat Penting Wortel Untuk Kesehatan Tubuh )

Bayam
Bayam mengandung lutein dan zeaxantin yaitu zat antioksidan yang dapat ditemukan di makula mata, Kedua zat tersebut dapat meningkatkan kepadatan pigmen di makula, melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari, dan mencegah degenerasi makula.

Pepaya
Buah pepaya merupakan sumber vitamin A yang sangat baik untuk dikonsumsi. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk buah segar, dibuat jus, dan olahan pepaya lainnya sehingga dapat memenuhi nutrisi yang membuat mata tetap sehat.

Telur
Telur mengandung sulfur, lutein, lecithin dan asam amino. Semua zat ini baik untuk mata Anda. Sulfur membantu melindungi lensa mata dari pembentukan katarak. Semantara itu, lutein membantu menurunkan risiko degenerasi makula yang merupakan penyebab utama kebutaan.

Ikan Salmon
Hasil studi ilmiah menunjukkan bahwa kandungan zat Omega 3 pada ikan salmon dapat membantu melindungi kesehatan mata. Omega 3 lemak sangat penting untuk perkembangan penglihatan pada masa bayi. Jika kekurangan asam lemak ini, maka bisa menyebabkan kerusakan pada retina mata. Omega 3 juga penting untuk pengaturan tekanan intraokular karena dapat membantu drainase cairan mata. Konsumsi ikan Salmon sedikitnya dua kali seminggu mampu menurunkan risiko degenerasi makula akibat bertambahnya usia.

Bawang
Bawang mengandung kaya akan zat sulfur yang sangat penting untuk produksi glutathione. Glutathione adalah antioksidan yang membantu dalam menjaga fungsi lensa mata.

Sumber : Dari berbagai sumber