3 Cara Sederhana Untuk Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung bisa menyerang manusia secara tiba-tiba, baik pria maupun wanita. Kebanyakan orang yang terkena serangan jantung, meninggal dalam waktu satu jam setelah timbul rasa sakit. Penderita bisa diselamatkan apabila mendapatkan penanganan pada waktu yang tepat. Masalah-masalah kesehatan lain seperti obesitas dan kolesterol tinggi diyakini dapat memicu munculnya serangan jantung. Untuk mencegahnya, ada tiga cara sederhana yang bisa Anda terapkan.

Pertama, diet sehat. Pola makan yang Anda lakukan saat ini berpengaruh pada kesehatan di masa mendatang. Untuk mencegah serangan jantung, Anda sebaiknya memulai diet sehat. Hindari makanan tinggi kolesterol, lemak, dan garam. Anda sangat disarankan untuk diet makanan kaya akan sayuran, buah-buahan, susu rendah lemak, dan biji-bijian.

Jika ingin memiliki jantung sehat, maka batasi asupan lemak jahat untuk diet Anda. Hindari lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jahat dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Kolesterol yang menumpuk pada dinding arteri menyebabkan masalah kardiovaskuler, termasuk serangan jantung.

Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh ganda seperti asam lemak Omega 3. Anda dapat menemukan kandungan Omega 3 pada makanan seperti ikan, kacang-kacangan, dan minyak ikan.

Memilih jenis dan jumlah makanan yang tepat sangat penting untuk membantu mempertahankan diet sehat Anda.
pencegahan serangan jantung
Kedua, gaya hidup sehat. Cobalah untuk mengevaluasi gaya hidup Anda sekarang. Ini bermanfaat untuk mengetahui apa saja yang harus dirubah.  Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya berhenti mulai sekarang.

Merokok adalah salah satu faktor utama penyebab serangan jantung. Asap rokok mengandung ribuan zat kimia berbahaya yang dipercaya bisa meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah arteri. (Simak juga : Ini Dia Faktor-Faktor Penyebab Penyakit Jantung Yang Perlu Anda Ketahui)

Jauhi konsumsi alkohol sebagai usaha Anda menerapkan gaya hidup sehat. Bagi wanita, terutama yang berusia di atas 35 tahun, mengurangi penggunaan pil KB juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Ketiga, tetap aktif. Gaya hidup aktif dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung. Lakukan olahraga secara teratur, sedikitnya 30-60 menit sehari. Dengan olahraga paling tidak dua sampai tiga kali seminggu, Anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Setiap akhir pekan, jalan-jalan bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Kegiatan rumah tangga sehari-hari seperti berkebun, menyapu, mengepel lantai, dan naik turun tangga sudah bisa dianggap sebagai latihan fisik. Maka jangan Anda meremehkan kegiatan-kegiatan tersebut.

Demikianlah tiga cara sederhana untuk mencegah penyakit jantung. Gaya hidup dan diet sehat memberikan efek di masa depan. Oleh karena itu, tidak ada yang lebih baik selain memulainya dari sekarang.