Inilah 6 Faktor Penyebab Kanker Prostat

Sebelum menuju pada pembahasan mengenai penyeba kanker prostat, ada baiknya mengetahui tentang apa itu prostat dan fungsinya. Prostat merupakan sebuah kelenjar kecil bagian dari sistem reproduksi pria. Letaknya di bawah kandung kemih dan di sekitar uretra. 

Fungsi kelenjar prostat adalah untuk memproduksi cairan pelindung sel-sel sperma agar dapat mencapai sel telur. Selain itu, kelenjar prostat juga berfungsi membantu menjaga cairan semen dan memperlama umur sel sperma. Otot-otot pada kelenjar prostat juga berperan penting dalam proses ejakulasi pria.

Penyebab kanker prostat
Kanker prostat merupakan salah satu penyakit mematikan pada pria. Kanker ini berkembang secara lambat dan sering tanpa menunjukkan gejala apapun. Bahayanya, kanker prostat dapat menyebar ke bagian organ tubuh lain seperti tulang dan kelenjar getah bening. Jika ini terjadi, maka harapan hidup untuk penderita sangat kecil.

Penyebab kanker prostat belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa studi menunjukkan adanya hubungan adanya kanker prostat dengan beberapa faktor berikut ini :

Pertama, usia. Usia merupakan faktor terbesar yang menyebabkan kanker prostat. Ketika seseorang semakin bertambah tua, semakin meningkat pula risiko terkena kanker prostat. Pada pria usia di bawah 40 tahun, kanker prostat masih jarang terjadi. Namun, pada pria usia di atas 50 tahun, risiko terkena kanker prostat lebih besar.

Kedua, keturunan atau genetik. Pria yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker prostat, memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat. Jika seorang pria memiliki ayah atau saudara yang terjangkit kanker prostat, maka kemungkinan ia memiliki kanker prostat dua kali lebih besar.

Ketiga, pola makan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu tinggi lemak dan daging merah memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat. Studi lainnya, melibatkan sejumlah pria Jepang yang tidak mengkonsumsi daging. Hasilnya, dilaporkan bahwa terjadi kasus paling rendah untuk kanker prostat.

Keempat, ras. Orang Afro Amerika lebih berisiko terkena kanker prostat dibandingkan dengan orang Amerika kulit putih. Alasannya tidak diketahui secara jelas. Sedangkan orang Asia memiliki risiko lebih rendah terhadap kanker mematikan ini.

Kelima, letak geografi. Pria di Amerika Utara lebih berisiko terkena kanker prostat daripada pria Asia. Namun, sama seperti ras, tidak diketahui secara pasti alasan di balik faktor tersebut.

Keenam, faktor lingkungan. Faktor ini berkaitan erat dengan letak geografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria Jepang yang tinggal di Amerika Serikat lebih besar risiko terkena kanker prostat dibandingkan pria Jepang yang tinggal di negara Jepang. Ini berarti, ada hubungan antara lingkungan dengan terjadinya kanker prostat.

Itulah enam faktor yang diyakini dapat menyebabkan kanker prostat pada pria. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter ahli agar mendapatkan informasi lebih lanjut yang lebih lengkap dan akurat. Semoga bermanfaat.