Ini Dia Manfaat Penting Madu Untuk Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan dan kebersihan kulit sangat penting untuk menunjang penampilan seseorang, terutama wanita. Berbagai cara ditempuh agar kulit sehat dan tampak cerah. Salah satu acaranya adalah menggunakan madu.

Madu mengandung bahan alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Apa saja, silakan disimak manfaat madu berikut ini :
madu menjaga kesehatan kulit
Pelembab
Madu mengandung humektan berkualitas yang membantu menjaga kelembaban kulit Anda. Kandungan nutrisi yang menyehatkan seperti vitamin B, C, asam amino, dan mineral bermanfaat memelihara kulit agar tetap sehat.

Antioksidan
Antioksidan alami yang terkandung pada madu dapat membantu melawan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa radikal bebas dikenal sebagai molekul organik yang bisa merusak jaringan kulit. Jika radikal bebas terus dibiarkan, maka kulit akan mengalami penuaan dini.

Antibakteri
Sifat antibakteri pada madu membantu menghilangkan noda akibat jerawat. Anda bisa memanfaatkan madu sebagai masker wajah. Jika digunakan secara teratur, maka akan memperlambat bahkan mencegah jerawat baru timbul. Madu juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

Madu untuk masker wajah
Madu bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Caranya sederhana, Anda dapat menggunakan madu sebagai masker wajah. Cukup oleskan madu di seluruh permukaan wajah, biarkan selama kurang lebih lima menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Madu untuk luluran
Selain untuk masker wajah, madu juga bisa dimanfaatkan untuk lulur badan. Caranya, ambil 1 cangkir gula, 1/4 cangkir madu, dan 1/4 cangkir minyak zaitun. Campur semua bahan. Jika sudah, oleskan ramuan tersebut di badan dengan lembut. Setelah selesai, bilas dengan air hangat.

Semua jenis kulit dapat merasakan manfaat dari madu. Ketika Anda mengalami masalah kulit, maka madu bisa membantu menanganinya. Bagi orang yang memiliki kulit kering, sebaiknya menggunakan madu secara teratur untuk menjaga kulit terlihat lebih kenyal.