Bawang Putih, Obat Alami Untuk Masalah Keputihan

Bawang putih, dalam bahasa ilmiah bernama Allium Sativum, termasuk dalam keluarga tanaman Alliacae. Baunya sangat khas, apabila dimakan akan meninggalkan bau mulut yang tidak sedap. Sejak ribuan tahun yang lalu, bawang putih sudah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan antara lain sebagai bumbu masakan dan pengobatan.

Bawang putih terkenal bermanfaat membantu menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya, menangani masalah keputihan pada wanita. Salah satu sifat bawang putih adalah sebagai anti jamur. Oleh karena itu, bawang putih dapat dijadikan ramuan alami yang ampuh untuk mengatasi jamur di daerah kewanitaan. 

Pada umumnya, keputihan ditandai dengan rasa gatal yang kadang muncul dan hilang. Biasanya, cairan khas keputihan yang berwarna putih dan kental akan keluar dari organ intim wanita dua atau tiga hari setelah gejala datang. Cairan yang berbau tersebut disebabkan oleh infeksi jamur. Jika tidak segera ditangani, maka akan sangat mengganggu bahkan bisa memicu timbulnya penyakit lain.
atasi keputihan dengan bawang putih
Mengatasi keputihan dengan bawang putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang mudah didapatkan. Anda bisa memanfaatkannya untuk menangani keputihan. 

Caranya sederhana, yaitu dengan menggunakan satu siung bawang putih saja. Kemudian kupas kulitnya dan potong menjadi dua bagian. Setelah itu, letakkan di area organ intim kewanitaan Anda. 

Sebaiknya, Anda melakukannya setiap malam sebelum tidur. Biarkan selama satu malam. Ketika bangun di pagi hari, periksa apakah masih muncul cairan putih dan kental pada organ intim kewanitaan Anda. Jika masih ada, silakan ulangi cara di atas hingga cairan dan rasa gatal hilang.

Menjaga kesehatan organ intim kewanitaan sangat penting bagi wanita. Bahan pakaian juga harus diperhatikan. Sebaiknya hindari pakaian dalam dari bahan nilon dan poliester. Gunakan pakaian berbahan katun karena pori-porinya memungkinkan sirkulasi udara di daerah kewanitaan lancar. Selain itu, katun dapat menyerap air dan mencegah kelembaban di daerah kewanitaan. Semoga bermanfaat. (Simak juga : 5 Manfaat Penting Bawang Putih Untuk Kesehatan Anda)