Apa Yang Dimaksud Dengan Browser Web? Yuk Simak Penjelasannya...

Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, dari mencari informasi berita hingga lowongan kerja. Ketika menjelajah internet, tentu membutuhkan sebuah browser. Mungkin sebuah pertanyaan muncul di benak Anda, "apa itu browser?'.

Browser merupakan sebuah program perangkat lunak yang dipakai untuk menampilkan informasi dari suatu halaman website yang terimpan dalam komputer.

Biasanya dan mungkin semua,

Browser menggunakan GUI (Grafik User Interface), yang berguna memudahkan pengguna internet untuk mengakses berbagai informasi. Tinggal gerakkan dan klik tombol mouse komputer atau netbook, maka informasi dapat didapatkan dengan mudah. Bahkan bisa meloncat dari halaman yang satu ke halaman lain.

Cara kerja

Browser web mengambil informasi melalui jaringan internet pada sebuah server web, menggunakan perintah request. Request adalah permintaan yang berisi sebuah alamat website atau halaman web (http).

Kemudian, server memberikan umpan balik dengan memberi perintah response untuk setiap perintah request. Setelah itu, dilanjutkan dengan memberikan informasi yang diminta oleh browser.

Browser web menampilkan informasi yang telah diterima dari server web. Informasi yang diberikan atau perintah yang digunakan, secara keseluruhan menggunakan fasilitas khusus pada browser web. Biasanya, fasilitas khusus tersebut disebut dengan tag atau kode-kode yang hanya bisa dibaca oleh browser web.

Lalu, semua informasi disimpan dalam dokumen web menggunakan format HTML.

Dokumen web, pada dasarnya, merupakan teks biasa. Jika ditampilkan melalui editor seperti Notepad, maka akan tampak sebuah dokumen yang tidak ada artinya.

Saat dokumen dijalankan dengan browser, informasi yang diharapkan akan muncul.

Keberadaan perangkat lunak bernama browser inilah yang sekarang digunakan jutaan orang di dunia untuk browsing atau menjelajah internet.

Itulah, sedikit pengetahuan mengenai browser web dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Dengan Browser Web? Yuk Simak Penjelasannya..."

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.