6 Manfaat Penting Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan buah pepaya? Buah ini sering kita temui di pasar tradisional maupun modern. Bahkan banyak ditanam di pekarangan rumah. Warna buahnya yang menarik serta rasanya yang lezat membuat buah ini disukai oleh banyak orang. Selain enak, buah pepaya memiliki kaya manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Berikut ini adalah enam manfaat buah pepaya untuk kesehatan.

Pertama, membantu sistem pencernaan. Pepaya membantu sistem pencernaan manusia agar dapat memproses makanan dengan mudah. Kandungan serat dan enzim bernama papain bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, salah satunya kanker usus besar. Mengkonsumsi pepaya matang membantu mempertahankan gerakan usus tetap normal sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang mengalami sembelit. 

Kedua, menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A pada buah pepaya sangat baik untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan fungsi penglihatan buruk dan kulit menjadi kasar. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah pepaya merupakan cara yang baik guna memenuhi asupan vitamin A. Bagi penderita kebutaan malam, makan buah pepaya membantu menghindari kondisi yang lebih parah,misalnya xeroftalmia. Jika tidak segera diobati, maka akan mengakibatkan kebutaan total.

Ketiga, menjaga sistem kekebalan tubuh. Buah pepaya yang kaya akan kandungan vitamin C, A, dan beta karoten berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia, yaitu sebagai antioksidan. Antikosidan bermanfaat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menyebabkan aterosklerosis. Serat juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah sehingga penyakit jantung bisa dicegah.
khasiat buah pepaya untuk kesehatan
Keempat, sebagai sumber mineral. Buah pepaya merupakan sumber mineral yang baik bagi tubuh seperti zat besi dan kalsium. Zat besi bermanfaat untuk memproduksi hemoglobin dalam sel darah merah. Sedangkan kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang.

Kelima, baik untuk kesehatan kulit dan wajah. Kandungan zat antioksidan dalam buah pepaya bermanfaat untuk memelihara kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati, dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hasilnya, kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pembersih wajah secara alami.

Buah pepaya mentah halus yang dioleskan pada wajah bermanfaat membantu mencegah beberapa masalah umum seperti jerawat, keriput, noda, dan kulit kering. Kulit menjadi tampak lebih muda dan bercahaya. Tidak mengherankan apabila banyak produk kecantikan menggunakan ekstrak buah pepaya sebagai salah satu bahannya.

Keenam, mengobati kapalan. Getah pada buah pepaya juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk mengobati kapalan dan kulit kasar di tangan serta kaki

Selain dalam bentuk buah segar, pepaya bisa dikonsumsi sebagai jus, asinan pepaya, manisan pepaya, dan sayur pepaya muda, Demikianlah enam manfaat penting buah pepaya untuk kesehatan yang dapat Sarkliwon bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.