Radio Antik Koleksi Museum Monumen Pers Nasional Solo

Halo kawan, pada posting sebelumnya, Sarkliwon pernah menulis tentang Monumen Pers Nasional. Koleksi yang disimpan di museum pers tidak hanya koran jadul dan kuno saja. Tapi, ada juga berbagai alat komunikasi. Salah satu di antaranya adalah radio antik. Ada dua buah radio kuno yang merupakan hibah dari seorang tokoh terpandang di Solo.
radio kuno merk novida
Ini adalah radio Novida 4 band, buatan Jerman. Sayang sekali dalam keterangan tidak dicantumkan tahun pembuatannya. Casing nya begitu antik, terbuat dari kayu. Radio ini memiliki panjang sekitar 60 centimeter dengan tinggi sekitar 30 centimeter. Bisa dibayangkan betapa berat radio kuno ini. Masih ada lagi radio kuno dan antik yang lain.
radio antik merk phillips
Radio Phillips antik
Kalau yang ini,radio Phillips 5 band. Tidak ada juga informasi tahun pembuatannya. Panjang dan tingginya kira-kira sama dengan radio Novida, namun agak sedikit lebih gemuk. Casing radio Phillips kuno ini juga terbuat dari kayu.

Radio antik dan kuno tersebut masih terawat dengan baik di museum Monumen Pers Nasional Solo. Jika Anda berkunjung ke Kota Solo, jangan lewatkan untuk menikmati berbagai koleksi Museum Pers Nasional. (Baca juga : Pengalaman Berkunjung Ke Monumen Pers Nasional Di Solo)