Mari Mengenal Bisnis Dropshipping Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Halo kawan, ada banyak jenis bisnis yang dilakukan melalui internet, yang biasa disebut bisnis online. Salah satu di antaranya adalah dropshipping. Apa itu dropshipping? Sederhananya, dropshipping adalah menjual produk orang lain tanpa harus memiliki stok. Dalam hal ini, bisa juga disebut makelar. Tapi, dalam dunia dropshipping, makelar dinamakan dropshipper.

Seorang dropshipper menjualkan barang/produk milik orang lain atau distributor, tanpa harus repot memikirkan stok, pengepakan, maupun pengiriman produk. Semua proses tersebut ditangani oleh si pemilik produk. Tugas dropshipper hanya promosi, menjual, dan menerima komisi. Komisi diambil dari selisih harga distributor dengan harga jual yang ditetapkan oleh dropshipper.

Untuk menjadi seorang dropshipper, biasanya pemilik produk atau distributor tidak memungut biaya pendaftaran alias gratis. Namun, ada juga yang menerapkan biaya pendaftaran untuk menjamin bahwa si dropshipper benar-benar serius dalam menjalankan bisnis dropshippingnya.
kelebihan dropshipping
Yang enak dari dropshipping
Bisnis online dengan metode droshipping dikenal mempunyai beberapa kelebihan, terutama bagi dropshipper, antara lain :
  • Tidak perlu stok produk.
  • Tidak perlu mengepak produk yang akan dikirim.
  • Tidak perlu menangani pengiriman produk.
  • Komisi langsung ke rekening sendiri (walaupun ada juga pemilik barang atau distributor yang membayar bulanan).

Yang kurang enak dari dropshipping
Selain kelebihan, driopshipping juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain :
  • Pengetahuan tentang produk kurang (kecuali memang pernah mencobanya sendiri).
  • Jika pesanan sangat banyak, sering pihak distributor/pemilik produk responnya lambat.
  • Jika pembeli produk minta sistem COD, dropshipper bisa jadi akan sangat kerepotan dalam menjawab.

Itulah sedikit dari pengetahuan mengenai dropshipping berdasarkan pengalaman pribadi Sarkliwon. Jika Anda ingin serius menjalani bisnis jualan produk dengan sistem dropshipping, sebaiknya pelajari produk yang akan dijual. Selain itu, pilihlah distributor atau pemilik produk yang dapat dipercaya dan memiliki pelayanan serta respon yang cepat terhadap setiap pesanan dari dropshipper. Semoga bermanfaat.