Ini Dia Berbagai Manfaat Air Mawar Untuk Kesehatan Anda

Mawar terkenal sebagai bunga yang sering dijadikan simbol cinta dan kecantikan. Selain warna merah, bunga mawar memiliki banyak varian warna seperti putih, pink, dan kuning. Zat-zat yang terkandung di dalamnya bermanfaat juga untuk terapi kesehatan Anda. Air mawar adalah salah satu hasil ekstrak bunga mawar yang sering digunakan untuk bahan obat, kosmetik, atau masakan.

Tahukah Anda bahwa air mawar sudah dimanfaatkan sejak ribuan tahun lalu di berbagai wilayah dunia seperti Persia dan Mesir kuno. Air mawar memiliki aroma dan rasa yang sedap. Orang India Kuno memakai air mawar untuk upacara keagamaan. Sedangkan di Yunani Kuno, air mawar digunakan sebagai penyedap rasa makanan misalnya untuk makanan penutup seperti baklava.

Air mawar sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia karena memiliki sifat antibakteri, antiseptik, menyembuhkan dan menenangkan. Selain itu, air mawar kaya akan flavonoid dan berbagai macam vitamin antara lain A, C, D, E, dan B3.
air mawar

Pada terapi air mawar bersama teh, mampu membantu meningkatkan nutrisi dan mineral yang berguna bagi tubuh. Air mawar juga dapat menurunkan risiko terkena infeksi kandung kemih, meringankan masalah pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi ketegangan saraf, serta meredakan gigi nyeri dan iritasi pada mata.

Air mawar banyak digunakan untuk merawat kesehatan kulit antara lain:
  • Mengobati infeksi kulit
  • Membantu memperbaiki kondisi dari kulit kering dan penuaan.
  • Mengurangi pembengkakan, terbakar sinar matahari, dan kemerahan pada kulit karena sifat anti inflamasinya.
  • Membantu menghilangkan noda-noda hitam di kulit.
  • Air mawar juga bisa dimanfaatkan pada kulit yang sensitif karena kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Air mawar dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala untuk memberi nutrisi dan memperkuat folikel rambut serta mencegah rambut rontok. Oleh karena itu, air mawar banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk berbagai produk shampoo dan perawatan rambut.

Demikianlah beberapa manfaat air mawar yang dapat Sarkliwon bagikan. Bahan-bahan dari alam sangat berguna untuk memelihara dan mengobati berbagai kondisi kesehatan tubuh manusia. Dan salah satunya air mawar, yang ternyata banyak sekali kegunaannya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ini Dia Berbagai Manfaat Air Mawar Untuk Kesehatan Anda"

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.