Ini Dia 7 Penyebab Kulit Kering Yang Perlu Anda Ketahui

Apa yang menyebabkan kulit menjadi kering? Kulit kering sering terjadi pada lengan, tangan, kaki bagian bawah, dan perut. Kulit kering mungkin dapat berhubungan dengan kondisi kesehatan, faktor keturunan atau genetika, penuaan, dan terkena paparan udara kering.

Apapun penyebabnya, jelas kulit kering maka akan menganggu kepercayaan diri seseorang. Kulit kering mungkin membuat Anda merasa gatal dan tidak nyaman, tetapi dapat dikelola jika Anda proaktif dalam mengobatinya. Lalu, apa saja penyebab kulit kering?

Berikut ini adalah tujuh penyebab kulit kering yang perlu Anda ketahui:

Pertama, udara kering. Salah satu penyebab kulit kering yang paling umum adalah udara kering. Bukan hanya udara dingin yang membuat kulit Anda kering, tapi udara panas juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk memngurangi dampak udara kering, Anda bisa menggunakan pelembab kulit.

Kedua, sabun. Sabun menjadi salah satu penyebab utama kulit kering. Banyak sabun yang mengandung deterjen yang bersifat keras sehingga penggunaannya bisa menyebabkan kulit cepat kering.

Ketiga, obat-obatan. Banyak obat yang efek sampingnya bisa membuat kulit Anda kering. Contoh obat-obatan yang dapat menyebabkan kulit kering antara lain obat diuretik untuk pengobatan hipertensi, antihistamin untuk alergi, dan retinoid untuk jerawat.
apa penyebab kulit kering

Keempat, usia. Kulit kering bukan hanya disebabkan oleh faktor luar saja. Usia merupakan perubahan alami yang dapat menyebabkan kulit kering. Banyak orang mengalami kulit kering ketika usia semakin tua, terutama pada wanita. Perubahan hormon juga bisa memicu terjadinya kulit kering.

Kelima, nutrisi kurang. Jika tubuh tidak memperoleh nutrisi yang dibutuhkan, maka bisa menimbulkan kering pada kulit. Asupan natrium berlebih dari minuman ringan dan makanan olahan juga dapat menyebabkan kulit kering.

Keenam, diabetes. Naiknya kadar gula darah seseorang dapat menyebabkan dehidrasi. Dan dehidrasi akan membuat kering kulit luar Anda. Diabetes dapat memperlambat penyembuhan sehingga bisa meningkatkan risiko infeksi. Jika Anda menderita diabetes,maka sangat penting bagi Anda untuk menjaga kulit supaya tetap sehat.

Ketujuh, penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim dapat memicu terjadinya kulit kering.

Kulit kering memang akan menganggu tapi Anda bisa menanganinya dengan mudah. Untuk merawat kulit, Anda bisa menggunakan pelembab secara teratur, gunakan humidifier jika udara di rumah Anda kering. Selain itu, hindari sabun dan body wash yang bersifat keras untuk menghindari lapisan minyak mengelupas dari kulit Anda. Jika Anda sudah mencoba banyak hal tapi tidak ada perkembangan, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan petunjuk dan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.