Ini Dia 5 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda bahwa selama berabad-abad tomat dianggap sebagai buah yang beracun dan mematikan? Bahkan tomat juga disebut sebagai penyebab penyakit kanker dan usus buntu. Sampai akhirnya, seorang berkebangsaan Amerika Serikat Robert Gibbon Johnson memakan satu keranjang buah tomat yang ternyata setelah dimakan tidak mengandung racun seperti anggapan banyak orang selama bertahun-tahun lamanya.

Aksi Johnson tersebut konon disaksikan oleh 2.000 orang yang menganggapnya nekat melakukan bunuh diri dengan memakan tomat. Namun, anggapan tersebut tidaklah benar. Buah tomat tidak beracun dan Johnson masih hidup setelah memakannya. Sejak saat itu, buah tomat dikonsumsi dan disukai oleh banyak orang sampai sekarang. Buah tomat dapat dijadikan sebagai sayuran, jus, dan saus. Kandungan senyawa dan nutrisi yang terkandung dalam buah tomat sangat berguna untuk kesehatan manusia.

Apa saja manfaat buah tomat untuk kesehatan?

Mencegah Kerusakan Sel
buah tomat bermanfaat bagi kesehatan tubuh
Buah tomat mengandung zat pigmen merah bernama lycopene yang bermanfaat sebagai antioksidan. Senyawa lycopene dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Lycopene bersama karoten merupakan zat yang mudah diserap tubuh manusia ketika dimasak dengan minyak zaitun. Tomat organik mengandung lebih banyak zat lycopene. Buah tomat mengandung zat antioksidan seperti vitamin C yang membantu mencegah kerusakan sel DNA dan penyakit diabetes.

Mencegah Penyakit Kanker
manfaat tomat bagi kesehatan
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa lycopene mampu melawan kanker. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa makan buah tomat dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker paru.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Hipertensi

Buah tomat juga mengandung lycopene, kalium, niasin, dan vitamin B6 yang dipercaya dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung.

Kandungan kalium dan vitamin K pada buah tomat bermanfaat untuk mendukung pembentukan tulang yang sehat dan menjaga kelenturan pembuluh darah manusia.

Kalium juga sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Mencegah Osteoporosis
buah tomat untuk kesehatan
Memakan buah tomat dapat mengurangi risiko osteoporosis yaitu kerapuhan tulang yang menyebabkan patah tulang dan cacat.

Menghaluskan Kulit

Senyawa lycopene meningkatkan produksi kolagen yaitu zat yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan membuat Anda tampak lebih muda. Kolagen juga dikenal akan khasiatnya dalam melindungi tubuh dari luka bakar akibat sinar matahari.

Itulah manfaat buah tomat untuk kesehatan yang dapat Sarkliwon bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.