Ini Dia 3 Cara Mencegah Osteoarthritis Yang Perlu Anda Ketahui

Osteoarthritis merupakan salah satu jenis arthritis yang juga dikenal sebagai penyakit sendi degeneratif. Penyakit ini dapat terjadi hampir pada semua sendi tubuh manusia. Pada umumnya, osteoarthritis menyerang bagian lutut.Tapi, bisa juga terjadi pada pinggul, jari dan pergelangan tangan, serta bahu. Osteoarthritis dapat menyebabkan sendi kehilangan elastisitas dan menjadi kaku sehingga rentan terhadap kerusakan.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan osteoarthritis antara lain faktor keturunan, obesitas, dan cedera. Gejalanya meliputi nyeri dan sakit pada persendian, timbul suara ketika sendi digerakkan, serta sendi menjadi kaku.

Ada tiga tindakan pencegahan penting agar bisa memperlambat terjadinya osteoarthritis, antara lain :
tindakan pencegahan osteoarthritis
Pertama, olahraga teratur. Olahraga bermanfaat untuk menguatkan otot tubuh begitu pula dengan sendi. Tapi, olahraga tidak boleh dilakukan secara berlebihan, harus sesuai dengan kemampuan. Jika terlalu berlebihan, maka dapat menyebabkan cedera pada persendian.

Kedua, kendalikan berat badan. Jika berat badan berlebih, akan meningkatkan risiko terkena osteoarthritis, khususnya pada daerah lutut. Pada orang yang mengalami obesitas, lutut akan bekerja keras untuk menahan beban lebih berat. Khusus untuk orang gemuk atau obesitas, sebaiknya hindari olahraga loncat-loncat. Olahraga seperti jalan kaki, bersepeda, dan berenang lebih disarankan untuk orang gemuk.

Ketiga, pola makan atau diet. Asupan gizi pada makanan juga penting agar persendian menjadi kuat. Makanan seperti ikan salmon, wortel, dan bayam sangat baik untuk kesehatan sendi. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti susu, telur, dan kacang-kacangan juga dapat membantu mencegah osteoarthritis.

Tindakan pencegahan sangat penting agar tidak ada penyesalan di masa tua. Begitu pula dengan penyakit osteoarthritis. Dengan meningkatkan gaya hidup sehat saat masih muda, diharapkan agar Anda dapat terhindar dari osteoarthritis.