3 Manfaat Penting Daun Jambu Untuk Kesehatan

Buah jambu sangat mudah ditemukan di negeri kita Indonesia. Rasanya yang lezat dan manis membuat buah ini disukai banyak orang. Bahkan ada yang menanamnya khusus di pekarangan rumah. Buah jambu selain dimakan dalam bentuk buah segar, juga dapat dibuat minuman jus yang menyegarkan dan selai.

Manfaatnya untuk kesehatan juga sangat terkenal. Buah jambu mengandung banyak vitamin A, C, B2, E, dan K. Selain itu, jambu juga kaya akan kandungan berbagai mineral antara lain zat besi, kalsium, kalium, fosfor, tembaga, dan mangan. Buah jambu juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Namun, tahukah Anda bahwa jambu bukan hanya buahnya saja yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, tapi daunnya juga berperan penting. Berikut ini adalah tiga manfaat daun jambu bagi manusia.
khasiat daun jambu unttuk kesehatan

Pertama, menjaga kesehatan mulut dan gigi. Daun jambu mengandung zat-zat seperti anti bakteri, anti infamasi, dan analgesik (penahan sakit) yang membantu menangani dan mengobati sakit gigi dan gusi bengkak. Daun jambu juga bermanfaat menjaga mulut Anda dari bau tak sedap.

Kedua, menurunkan kadar kolesterol jahat. Teh daun jambu dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh, sehingga kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

Ketiga, mengobati diare. Daun jambu sangat terkenal akan kegunaannya untuk mengobati penyakit diare. Teh daun jambu membantu mengurangi rasa sakit, mencret, dan BAB akibat diare sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan.

Sekarang, Anda sudah mengetahui tiga manfaat penting daun jambu untuk kesehatan. Jadi, jambu memang sangat berguna, baik buahnya maupun daunnya, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.