6 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Jika bicara mengenai jahe, yang terlintas dalam pikiran kita adalah bahan penyedap untuk berbagai masakan. Namun, jahe juga sangat terkenal akan khasiatnya untuk membantu memelihara kesehatan tubuh. Tahukah Anda bahwa manfaat jahe sudah dikenal untuk pengobatan pilek dan masalah pencernaan di negeri Tiongkok sejak 2.500 tahun yang lampau.

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, begitu pula dengan teknologinya, pengolahan jahe sebagai obat pun dilakukan secara modern. Di negeri kita Indonesia, jahe juga dimanfaatkan sebagai penghangat tubuh di saat cuaca dingin seperti pada musim penghujan. Selain itu, jahe juga membantu memelihara daya tahan tubuh dari berbagai penyakit.

Berikut ini adalah enam manfaat jahe untuk kesehatan tubuh :

Pertama, mengatasi mual. Jahe sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual pada ibu hamil. Bagi orang yang mabuk perjalanan, jahe bisa membantu meredakannya. Sedangkan pada penderita kanker yang merasa mual sehabis dikemoterapi, jahe bisa membantu mengatasinya.
manfaat jahe
jahe banyak manfaatnya

Kedua, meringankan peradangan dan rasa sakit. Jahe dapat membantu menghurangi peradangan dan rasa sakit pada penderita arthritis dan osteoarthritis. Sementara itu, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Georgia menemukan bahwa jahe bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat latihan fisik.

Ketiga, mengurangi risiko kanker. Kandungan Fitokimia pada tanaman jahe memiliki sifat antikanker sehingga dapat membantu menguragngi risiko terkena penyakit kanker.

Keempat, jahe menurunkan kadar kolesterol jahat dan kadar trigliseroda yang tinggi. Sementara itu, jahe juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein).

Kelima, mencegah sakit jantung dan stroke. Jahe dapat membantu meningkatkan peredaran darah karena kemampuannya untuk mengurangi kekakuan platelet sehingga risiko terkena penyakit jantung dan stroke pun berkurang.

Keenam, sebagai antibakteri. Jahe memiliki kemampuan sebagai antibakteri yang memabntu mencegah penyakit maag dan beberapa penyakit kanker pada perut.

Demikianlah enam manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang Sarkliwon bagikan kali ini. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam berbagai macam bentuk sajian seperti minuman jahe, jus jahe, atau bisa sebagai bahan bumbu masakan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.