5 Manfaat Penting Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Minyak zaitun, di samping banyak digunakan untuk menyedapkan rasa berbagai masakan, juga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Zaitun terdiri dari 18-20 persen minyak, dimana 75% diantaranya adalah lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Selain mengandung lemak tak jenuh, minyak zaitun juga mengandung zat antioksoidan seperti klorofil, vitamin E, dan karotenoid. Minyak zaitun telah lama digunakan untuk mengurangi nyeri otot, meredakan mabuk, sebagai obat pencahar dan penenang.

Berikut ini adalah lima manfaat penting minyak zaitun untuk kesehatan tubuh :

Pertama, menjaga kesehatan jantung. Minyak zaitun kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk mengurangi LDL (Low Density Lipoprotein) yang sering dikenal sebagai kolesterol jahat. Berkurangnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat melindungi Anda dari aterosklesrosis. Sementara itu, lemak tak jenuh juga memungkinkan HDL (High density Lipoprotein) atau kolesterol baik dapat membersihkan kolesterol jahat dari pembuluh darah arteri.

Kedua, mengurangi risiko terkena kanker. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Annals on Oncology pada Januari 2005 menunjukkan bahwa kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengurangi pengaruh ongkogen yaitu gen yang dalam keadaan tertentu dapat mengubah sel tubuh menjadi sel kanker.
manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

Sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh University of Athens dan melibatkan lebih dari 36.000 partisipan menunjukkan bahwa tingkat konsumsi minyak zaitun yang tinggi memungkinkan risiko terkena kanker lebih rendah.

Ketiga, mengurangi risiko diabetes. Sebuah penelitian di Spanyol yang dipublikasikan oleh Scientific journal Diabetes Care menunjukkan bahwa diet Mediterania yang kaya akan buah zaitun mampu mengurangi hampir 50% risiko terkena penyaktit diabetes tipe II dibandingkan dengan diet rendah lemak. Penderita diabetes biasanya memiliki kadar trigliserida yang tinggi sehingga risiko penyakit jantung menuingkat. Minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida.

Keempat, menurunkan berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menigkatkan risiko penyakit kolesterol, jantung, dan penyakit berbahaya lainnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Jurnalof Nutrition mengungkapkan bahwa penurunan berat badan dan massa lemak yang signifikan dapat dilakukan dengan mengubah kebiasaan makan yaitu mengganti lemak jenuh dengan minyak zaitun.

Dengan beralih ke minyak zaitun yang mengandung lemak tak jenuh bukan hanya menurunkan berat badan akan tetapi juga menghindari berbagai penyakit. Ditambah dengan olahraga rutin dan teratur, maka Anda telah menjalankan gaya hidup sehat.

Kelima, mengurangi peradangan. Lemak sehat yang terkandung dalam minyak zaitun digunakan oleh tubuh Anda untuk membuat zat anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi sakit pada arthritis dan asma. Jika membran sel tidak mengalami peradangan, maka tubuh mampu mengangkut nutrisi ke dalam sel dan mengeluarkan limbah tubuh ke luar.

Demikianlah lima manfaat penting minyak zaitun untuk kesehatan tubuh Anda yang dapat sarkliwon bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Manfaat Penting Minyak Zaitun Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.