Ini Dia Cara Menghilangkan Kutil Secara Medis dan Alami

Kutil merupakan suatu kondisi dimana permukaan kulit tumbuh dan mbembentuk yang biasa muncul pada bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan wajah. Namun, kutil juga dapat tumbuh pada bagian tubuh lain seperti jari-jari, bagian bawah kaki, dan genital atau kelamin.

Kutil disebabkan oleh virus bernama Human papilomavirus (HPV) yang bisa menular. Penularan virus ini dapat melalui kontak langsung dengan penderita atau barang-barang yang sering dipakai oleh si penderita misalnya sepatu, handuk, atau kaus kaki.

Sekali Anda terinfeksi virus HPV, maka Anda tidak bisa mengusirnya dari tubuh Anda. Bisa jadi Anda terinfeksi virus HPV,namun ia tidak berkembang menjadi kutil. Kemungkinan kutil membutuhkan waktu yang lama agar bisa berkembang bahkan bisa memakan waktu bertahun-tahun setelah terinfeksi.

Para ahli menyatakan bahwa ada kaitan antara berkembanganya virus HPV dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Jika sistem kekebalan tubuh lemah maka virus HPV akan dengan mudah masuk ke tubuh manusia. Saat virus sudah masuk ke sistem tubuh yang sedang lemah maka ia dapat dengan mudah berkembang menjadi kutil.

Namun, jangan cemas dulu. Anda bisa kok menangani dan menghilangkan kutil dari kulit. Sebelum membahas tentang cara menghilangkan kutil, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa jenis kutil antara lain :

Kutil Biasa

Kutil ini berupa benjolan tebal dengan permukaan kasar dan memiliki bintik-bintik kecil dari pembuluh darah yang beku. Biasanya jenis kutil ini muncul pada tangan, lutut, dan siku.
cara mengobati kutil
kutil bisa dihilangkan

Kutil datar

Sesuai dengan namanya, kutil ini berupa benjolan datar pada kulit dan biasanya berwarna coklat. Kutil datar biasa timbul pada wajah wanita.

Kutil Plantar

Kutil jenis ini biasa tumbuh di kaki sehingga kehadirannya sangat menjengkelkan dan menyakitkan. Kutil plantar cenderung tumbuh dan besar di bawah kulit. Jika kutil ini menyebar terlalu banyak, maka kaki akan mengalami kesulitan saat berjalan atau berlari.

Kutil Kelamin

Kutil ini sering timbul di daerah sekitar kelamin. Ada kemungkinan bahwa subipe dari kutil ini bisa berkembang menjadi kanker sehingga butuh pemeriksaan lebih lanjut ke dokter ahli.

Setelah Anda mengettahui jenis-jenis kutil, sekarang saatnya membahas cara menghilangkan kutil dari kulit Anda.

Secara medis kutil dapat dihilangkan dengan tiga metode yaitu :

Pertama, pengobatan sinar laser. Perawatan kutil dengan laser mungkin akan sedikit menyakitkan. Namun ini tergantung dari keadaan kutil itu sendiri dan peralatan yang dipakai. Pengobatan kutil menggunakan laser reatif tidak menyakitkan dan menganggu sehingga Anda bisa mempertimbangkannya.

Kedua, elektro surgery. Pengobatan kutil dengan elektro surgery ini bisa sangat menyakitkan dan dampak lanjutannya mungkin akan membuat tidak nyaman. Lama penyembuhan setelah elektro surgery ini akan memakan waktu sampai enam minggu hingga benar-benar sembuh. Kelemahan dari pengobatan kutil dengan elektro surgery biasanya akan meninggalkan bekas luka.

Ketiga, cryosurgery. Ini adalah cara pengobatan kutil paling populer. Metode cryosurgery merupakan metode pembekuan kutil yang memakan biaya cukup mahal. Anda mungkin butuh beberapa kali perawatan di klinik sampai kutil benar-benar sembuh. Masa penyembuhan setelah cryosurgery bisa memakan waktu satu hingga dua bulan. Dampak negatif cryosurgery, meski jarang terjadi, biasanya menimbulkan infeksi dan kerusakan saraf.

Selain cara-cara pengobatan modern, Anda bisa menghilangkan kutil dengan metode alami yang bisa Anda lakukan di rumah antara lain ;

Pertama, bawang putih. Caranya, ambil satu siung bawang putih kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, Anda bisa langsung mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan ke bagian kulit yang ada kutilnya. Tutup dengan perban selama satu minggu atau sampai kutil benar-benar hilang.

Kedua, kulit pisang. Caranya, gosokkan kulit pisang pada bagian kulit yang terdapat kutil beberapa kali sehari hingga kutilnya hilang.

Ketiga, bubuk vitamin C. Anda bisa menggunakan Vitamin C dalam bentuk pil untuk menghilangkan kutil. Caranya, gerus pil menjadi bubuk kemudian oleskan pada bagian kulit yang ada kutilnya. Tutup dengan perban. Ulangi cara ini hingga kutil hilang.

Itulah cara-cara menghilangkan kutil dari kulit Anda yang bisa Sarkliwon bagikan kali ini. Namun, saran terbaik, Anda tetap harus konsultasi ke dokter ahli kulit agar mendapatkan petunjuk perawatan dan pengobatan kutil yang benar dan tepat. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ini Dia Cara Menghilangkan Kutil Secara Medis dan Alami"

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.