Ini Dia 5 Manfaat Makan Tempe Bagi Tubuh Manusia

Halo kawan, apa kabar? Semoga baik-baik saja ya. Sarkliwon kali ini akan membahas tentang manfaat makan tempe bagi tubuh. Siapa sih yang tidak kenal makanan yang satu ini. Tempe dapat digoreng, dibacem, maupun diolah dengan sayur. 

Kabar yang Sarkliwon baca dari Kompas.com bahwa tempe akan diajukan sebagai warisan budaya non benda atau intangible heritage karena memiliki nilai budaya, sejarah, dan ekonomi bangsa. Menurut situs tersebut, tempe pertama kali dibuat pada sekitar tahun 1700 di daerah Bayat Klaten Jawa Tengah. (Silakan baca : Tempe Diajukan Jadi Warisan Budaya Dunia)

Tempe merupakan salah satu makanan rakyat yang sudah menyebar di banyak tempat. Makanan yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu khususnya pada masyarakat Jawa ini pun ikut menyebar seiring perkembangan jaman dan banyaknya orang Jawa yang bermigrasi ke berbagai wilayah di Indonesia bahkan dunia.

Nilai Gizi Tempe

Tempe mengandung serat yang cukup tinggi  yaitu sekitar 8 sampai 10 persen. Selain itu, tempe juga mengandung zat protein nabati yang mudah dicerna oleh tubuh. Zat-zat bermanfaat lain yang terkandung dalam tempe antara lain Vitamin B, keratin, fosfor, karbohidrat, zat besi, dan kalsium.
manfaat makan tempe
yuk makan tempe

Selain enak dan gurih, tempe ternyata memiliki beberapa manfaat bagi tubuh antara lain :

1. Zat antibakteri pada tempe dapat membantu melawan bakteri penyebab penyakit diare. Menurut sebuah penelitian, tempe dapat mempercepat penyembuhan diare pada balita.
2. Tempe juga bisa melawan radikal bebas dalam tubuh.
3. Konsumsi tempe membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang tinggi.
4. Membantu mengatasi penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.
5. Penelitian menunjukkan bahwa bayi dan balita penderita gizi buruk mengalami peningkatan berat badan sesudah diberi makan tempe.

Itulah lima dari sekian banyak manfaat makan tempe bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ini Dia 5 Manfaat Makan Tempe Bagi Tubuh Manusia"

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.