Cara Browsing Lebih Cepat Tanpa Iklan Dengan Browser Opera

Halo kawan, rasanya sudah lama sekali saya tidak menulis di blog ini. Sekarang selagi ada waktu, saya ingin membahas tentang cara browsing internet lebih cepat plus tanpa iklan.

Kehadiran iklan yang disematkan pada sebuah halaman website kadang menyebalkan. Bukan hanya itu, browsing pun jadi lambat dengan kehadiran script-script iklan tersebut.

Namun, anda bisa mengatasinya dengan sebuah browser bernama Opera. Terus terang saya belum lama menggunakan browser yang satu ini.

Sebelumnya, berbagai jenis browser seperti Firefox, Palemoon, Qupzilla, Vivaldi, Chrome sudah saya pakai.

Yang paling sering saya pakai Firefox dan Qupzilla. Tapi, keinginan untuk mencoba browser lain membuat saya makin penasaran dan saya memilih Opera.

Waktu ingin mendownload, kebetulan saya pakai Linux, wah ternyata nggak begitu besar ukuran filenya 50 MB an. Coba bandingkan dengan Firefox dan Chrome yang besar filenya mencapai 200 an MB.

Singkatnya, saya berhasil mengunduh Opera dan menginstallnya di Xubuntu 16.04. Secara tampilan, pertama kali melihat browser yang satu ini, saya sudah suka.

Ada satu fitur dari Opera yang membuat saya lebih suka dan menjadikannya browser utama saat ini yaitu fitur penghemat baterai.

Dengan fitur ini, anda dapat berselancar di internet lebih cepat dan akan memblokir iklan-iklan yang kadang memenuhi halaman sebuah website.

Oke sekarang mari kita lihat cara menggunakan penghemat baterai di Opera.

Klik ikon penghemat baterai di sisi kanan atas browser Opera seperti gambar di bawah ini.



Lalu geser atau klik tanda di bawah tulisan "Penghemat Baterai / Battery Saver"" sehingga berwarna biru.



Jika sudah, Anda klik "Nyalakan Blocker Ads / Turn On Ads Blocker" di sebelah tanda silang seperti gambar di bawah ini.

Anda akan menuju halaman untuk memblokir iklan. Beri tanda centang pada "Block ads and surf the web up to three times faster".


Sekarang coba anda mengunjungi sebuah situs yang banyak iklannya. Saya ambil contoh salah satu situs berita terkenal.



Di situ sebanyak 24 iklan diblokir dan terbukti iklan di bagian header memang tidak ada, serta iklan-iklan lainnya pun hilang.

Sekarang, anda klik angka berwarna biru kemudian klik link berwarna merah "Uji kecepatan dengan atau tanpa iklan" untuk mengetahui lama loadingnya.

Hasilnya,


Jauh sekali bukan? Dengan situs ketika diakses lama loadingnya 47 detik, bandingkan dengan tanpa iklan yang hanya membutuhkan waktu loading 11 detik.

Catatan: Tidak semua iklan dapat diblokir, menurut pengalaman iklan dari Google masih nongol. Tapi berselancar masih tetap cepat.

Selamat mencoba :)

0 Response to "Cara Browsing Lebih Cepat Tanpa Iklan Dengan Browser Opera"

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda dengan sopan.